Blogger atau Wordpress? Platform Mana yang Paling Bagus?

Pada dasarnya ada banyak sekali jenis platform untuk membuat blog, namun yang paling populer di kalangan aktifis blog adalah Wordpress.org, Wordpress.com dan Blogger.com.

Ketiga platform blog ini sangat diminati oleh kebanyakan orang, karena mereka lebih unggul dibandingkan platform blog yang lain.

Akan tetapi walaupun ketiga-tiganya unggul, mereka tetap punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Hal ini penting untuk Anda ketahui guna untuk menentukan platform mana yang lebih cocok dengan Anda sebelum memulai blogging.

Baca juga :
Kenapa Harus Ngeblog? 10 Alasan Ini Adalah Jawaban yang Tepat

Berikut ini adalah beberapa perbedaan atau perbandingan antara ketiga platform blog tersebut.

1. Kontrol dan Kepemilikan
Perlu dicatat bahwa, Wordpress.com dan Wordpress.org adalah dua platform milik perusahaan Wordpress. Meskipun keduanya mempunyai nama yang sama hanya ekstensinya saja yang berbeda, namun mereka memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Wordpress.org merupakan layanan self hosted. Artinya, website atau blog yang Anda daftarkan di wordpress.org adalah 100% milik Anda.

Semua aktivitas di website Anda adalah sepenuhnya hak Anda. Mulai dari tampilan sampai pada keamanan semuanya dalam kontrol Anda.

Tidak ada kebijakan atau ketentuan yang harus dipatuhi, karna pada dasarnya Anda lah yang membuat kebijakan tersebut.

Sedangkan Wordpress.com adalah layanan hosted. Artinya, website yang Anda daftarkan di wordpress.com tidak sepenuhnya milik Anda.

Website Anda masih bergantung pada Wordpress, sehingga Anda harus mematuhi semua persyaratan dan ketentuan yang dibuat oleh mereka.

Blogger.com juga merupakan layanan hosted, yang merupakan platform blog milik Google.

Oleh karena itu, jika Anda membuat blog di Wordpress.com atau di Blogger.com berarti Anda harus mematuhi semua kebijakan yang mereka buat kalau Anda tidak ingin website Anda di hapus secara tiba-tiba.

Meskipun jarang dan tidak mungkin tanpa sebab, tapi Wordpress.com dan Blogger.com punya hak untuk menghapus website Anda sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan lebih dulu.

Blog yang sudah dihapus tidak bisa dikembalikan lagi, bahkan konten-konten yang sudah Anda buat tidak bisa diambil kembali.

Dengan demikian, dalam hal kontrol dan kepemilikan maka Wordpress.org lah yang lebih unggul.

2. Biaya yang Harus Dikeluarkan
Membuat website atau blog di Wordpress.org pastinya Anda harus mengeluarkan biaya untuk menyewa hosting dan domain setiap tahunnya.

Biaya hosting dan domain berkisar antara Rp 350.000 – Rp 400.000 per tahun. Kapasitas hosting untuk harga ini rata-rata 1-10 GB. Tergantung dimana Anda menggunakan layanan hostingnya.

Akan tetapi, jika Anda membuat blog di Blogger.com atau Wordpress.com maka sama sekali tidak ada biaya yang dibutuhkan. Artinya gratis untuk membuat website disini.

Hanya saja storagenya dibatasi untuk setiap pengguna, akan tetapi Anda bisa mengupgradenya nanti untuk mendapatkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar.

Kapasitas yang disediakan untuk pengguna Wordpress.com adalah 3 GB, Anda bisa mengupgradenya menjadi 13 GB dengan harga $99/tahun.

Sedangkan pengguna Blogger.com storage gratisnya lumayan besar yaitu 15 GB (untuk foto tidak terbatas). Selain itu, Anda juga bisa mengupgrade kapasitas penyimpanannya mulai 20 GB dengan harga $4/bulan, sampai dengan 16 TB dengan harga $1.430/bulan.


Details harganya bisa Anda lihat langsung pada halaman bantuan Google, atau Klik Disini.

Membuat blog di Blogger.com atau Wordpress.com juga tidak dibutuhkan biaya domain dan secara otomatis website Anda akan beralamat subdomain bloganda.blogspot.com dan bloganda.wordpress.com

Akan tetapi Anda dapat mengganti alamat website Anda nantinya menggunakan domain TLD dengan harga sekitar Rp 110.000/tahun, sehingga website Anda akan beralamat bloganda.com

3. Popularitas
Saat ini Wordpress menjadi pilihan nomor satu, tidak hanya untuk membuat blog saja tetapi juga untuk website yang berskala besar.

Pada awalnya Wordpress memang dibuat untuk memfasilitasi user dalam membuat blog. Namun seiring dengan perkembangannya, lambat laun Wordpress berubah dari sekedar platform blogging hingga menjadi CMS (Content Management System) yang sangat mumpuni untuk membuat website menarik berupa portfolio, ataupun website e-commerce.

Bahkan ada banyak sekali perusahaan, institusi, atau brand yang mengandalkan Wordpress ini untuk pembuatan website mereka. Beberapa contoh brand terkenal yang menggunakan Wordpress antara lain: Adobe, Angry Birds, The Walt Disney, Marcedez-Benz dan Vogue India.

Wordpress memang populer, karena fitur-fitur yang disuguhkannya sangat baik. Jadi jangan heran mengapa kebanyakan orang lebih percaya pada kemampuan Wordpress.

Berdasarkan survei W3Tech dan Builtwith, Wordpress merupakan CMS terpopuler dan paling banyak digunakan.



Dari kedua tabel diatas dapat kita simpulkan bahwa Blogger sangat jauh tertinggal dibandingkan dengan Wordpress dan CMS lainnya.

Kenapa Wordpress mendapatkan peringkat pertama? Bukannya Blogger?

Wordpress berada pada peringkat pertama karna kebanyakan pengguna menggunakan Wordpress.org yang berbayar bukan Wordpress.com gratisan.

Jika kita bandingkan antara Wordpress.com dan Blogger.com yang sama-sama gratisan, pastinya Blogger.com lah yang lebih unggul.

4. Kemudahan Pembuatan
Membuat blog di Wordpress.com dan Blogger.com sama mudahnya. Anda hanya perlu mendaftarkan akun pada masing-masing website, setelah itu Anda bisa langsung menerbitkan postingan di blog Anda.

Berbeda dengan Wordpress.org, dimana Anda harus menyewa hosting dan domainnya terlebih dahulu kemudian melakukan instalasi website Anda.

Hal ini terlihat mudah memang bagi Anda yang sudah berpengalaman, namun bagi pemula ini merupakan hal yang sangat sulit.

5. Kemudahan Pengelolaan
Platform mana yang lebih mudah untuk dikelola? Blogger atau Wordpress?

Dalam hal pengelolaan, ketiga platform ini sama mudahnya. Akan tetapi semua itu tergantung dari usernya sendiri.

Secara pribadi, tampilan dasbor Blogger memang lebih fresh dan simpel, sehingga sangat mudah untuk dipahami walaupun oleh pemula sekalipun.


Coba Anda bandingkan dengan tampilan dasbor Wordpress berikut ini.

Selain itu, Anda juga lebih leluasa dalam hal membuat entry atau postingan baru di Blogger.


Coba Anda bandingkan dengan tampilan entry baru pada Wordpress berikut.


Dari gambar diatas, tampilan mana yang paling Anda pahami dan mengerti? Blogger atau Wordpress?

6. Personalisasi Tampilan
Untuk kategori tampilan, sudah pasti Wordpress.org yang paling fleksibel karena ada ribuan template gratis dan berbayar yang bisa Anda gunakan. Jika masih kurang puas, Anda juga bisa menggunakan template sendiri sesuai selera.

Sedangkan peringkat kedua dipegang oleh Blogger. Blogger juga menyediakan beberapa template gratis yang bisa Anda gunakan pada website atau blog Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengupload dan menggunakan template Anda sendiri sesuai keinginan.


Dalam urusan tampilan, wordpress.com berada pada peringkat paling rendah karena template yang disediakan sangat sedikit dan tidak bisa dikustomisasi menggunakan template sendiri.

Baca juga :
10 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Anda Menjadi Blogger

7. Fitur yang Disediakan
Fitur dasar yang dimiliki oleh ketiga platform tersebut adalah setara. Sama-sama bisa membuat post, page, memasukkan gambar, video, dan multimedia lain.

Akan tetapi Wordpress.org memiliki fitur-fitur lain yang berlimpah karena platform ini merupakan self hosted, Anda bisa menambahkan fitur-fitur ekstra dengan bantuan plugin. Ada ratusan ribu plugin yang bisa Anda manfaatkan secara gratis.

Selain itu, karena sifatnya open source maka Anda bisa modifikasi semua fiturnya.

8. Monetisasi Iklan
Pada umumnya, setiap blog yang sudah populer atau memiliki banyak pengunjung tentunya bisa menghasilkan uang dengan cara memasang iklan pada blog.

Jaringan iklan yang paling populer dan banyak digunakan oleh kalangan blogger adalah Google Adsense, karena memberikan nilai PPC yang tinggi.

Bagaimana peran ketiga platform blogging ini dalam memonetisasi iklan Google Adsense?

  • Blogger.com
  • Setiap blog yang didaftarkan pada platform ini pastinya diizinkan untuk memasang iklan Google Adsense, karena pada dasarnya Blogger.com dan GA adalah sama-sama produknya Google.

  • Wordpress.com
  • Jika Anda membuat blog atau website pada Wordpress.com, maka Anda tidak bisa mendapatkan penghasilan dari iklan Google Adsense karena Wordpress.com melarang penggunanya untuk memasang iklan dari jaringan manapun.

    Akan tetapi Anda tetap bisa mendapatkan penghasilan dengan cara lain, seperti menjual produk atau menggunakan WordAds (jaringan iklan milik Wordpress).

  • Wordpress.org
  • Website atau blog yang dibuat pada platform berbayar ini tidak ada masalah seputar jaringan iklan, karena tidak ada yang mengatur. Anda bisa menggunakan AdSense atau advertising network manapun.

9. Kesimpulan
Setelah Anda membaca uraian diatas maka pertanyaan yang pas untuk Anda tanyakan adalah platform mana yang paling cocok untuk blog saya? bukanlah platform mana yang paling bagus untuk blog saya?. Karena pada dasarnya ketiga platform tersebut sama-sama bagus.

Untuk menentukan platform mana yang paling cocok dengan Anda, maka Anda harus tau dulu tujuan Anda membuat blog.

Jika website atau blog yang ingin Anda buat adalah untuk bisnis atau untuk mendapatkan penghasilan, maka Wordpress.org lah yang lebih cocok dengan Anda.

Akan tetapi jika Anda masih pemula dan baru belajar ngeblog, maka Blogger.com tempat yang paling pas untuk Anda membuat blog.

Baca juga :
Panduan Lengkap Cara Membuat Blog Gratis untuk Pemula

Kenapa SejutaTips.Com menggunakan platform Blogger?
Pertanyaan ini adalah pertanyaan pribadi, jadi saya akan menjawabnya dengan jawaban yang pribadi pula.

Saya adalah seorang pemula dan masih dalam tahapan belajar ngeblog. Jadi, menurut saya blogger.com sangat cocok untuk blog ini karena memudahkan saya dalam mengelolanya.

Akan tetapi, jika nanti memungkinkan atau lama-kelamaan jika keseriusan saya dalam ngeblog semakin tumbuh, maka tidak menutup kemungkinan blog ini saya upgrade ke Wordpress.org

Nahh... Itulah dia sedikit perbandingan antara Wordpress.org, Wordpress.com dan Blogger.com

Platform mana yang jadi pilihan Anda? Apa alasannya?
Kami menunggu jawaban Anda pada kolom komentar. Terimakasih

6 Responses to "Blogger atau Wordpress? Platform Mana yang Paling Bagus?"

  1. Keren gan artikelnya, nambah pengetahuan.. Saya dulu sempet pakai blogger.com terus nyoba pakai wordpress.org dan lumayan susah juga pake wordpress.org tapi bener bener fiturnya lengkap karena plugin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sobat, Wordpress.org memang yang paling top diantara semua platform dan cocok untuk mereka yang serius ngeblog.

      Delete
  2. Blogger adalah pilihan terbaik untuk pemula, ini pikiran saya saat ini karena saya seorang pemuda. Kalau saya sudah siap, baru deh pindahan ke platform WordPress. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi sobat ninoartikel lebih mantap kalau pindah ke wordpress.org karna pengunjung blognya sudah lumayan...
      Cuma kasih saran sih. Hehe

      Delete
  3. Saya pribadi justru kebalikannya gan. Dari awal belajar ngeblog langsung hajar WordPress.org. Rasanya menjadi tantangan tersendiri untuk utak-atik blog tanpa batasan 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh... Hebat gan. Pantesan blognya keren.. Hehe

      Delete

Kata-kata dan bahasa Anda adalah gambaran kualitas diri Anda...