Panduan Lengkap Cara Membuat Blog Gratis untuk Para Pemula

Anda ingin membuat blog, tapi bingung harus memulainya darimana? Anda tidak perlu bingung karena Anda berada pada artikel yang sangat tepat untuk menjawab semua kebingungan Anda.

Kenapa Anda ingin membuat blog?
Mungkin Anda tidak sengaja mencari-cari informasi di Google tentang cara mendapatkan penghasilan di internet, kemudian Anda menemukan cara yang menurut Anda mudah yaitu dengan menjadi seorang blogger? atau mungkin juga Anda terinspirasi melihat blog-blog besar yang memperoleh banyak penghasilan? Sehingga Anda terdampar pada postingan ini.

Apapun alasan Anda membuat blog, namun perlu untuk Anda ketahui bahwa membuat sebuah blog merupakan hal yang sangat mudah untuk dilakukan, bahkan hanya dalam beberapa menit saja Anda sudah bisa menerbitkan artikel.

Namun yang paling berat adalah mengelola dan mensukseskan blog tersebut, semua itu butuh kerja keras yang ekstra dan kesabaran yang luarbiasa.

Oleh karena itu, Anda harus memantapkan dulu niat Anda sebelum melangkah lebih jauh dan mengetahui dulu Hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan sebelum Anda membuat blog. Jika tidak, maka blog yang akan Anda bangun bakalan sia-sia saja.

Berikut ini adalah panduan lengkap dan langkah-langkah untuk membuat blog gratis bagi Anda yang ingin belajar ngeblog.

1. Menentukan niche atau topik

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk membuat blog adalah menentukan niche blog Anda.

Apa itu niche?
Dalam dunia blogging, Niche blog disebut juga sebagai topik atau isi dari keseluruhan blog yang akan menjadi pokok pembahasan Anda. Niche atau topik ini sangat mempengaruhi banyak hal pada blog Anda, terutama faktor SEO (Search Engine Optimization) dan seberapa besar prospek blog Anda untuk menjadi sumber penghasilan (monetizing).

Kenapa blog harus memiliki niche?
Secara aktualitas, jika Anda hanya fokus terhadap satu niche saja, maka bisa dipastikan blog Anda akan mampu bertahan di halaman pertama SERP (Search Engine Result Page) atau halaman pertama hasil penelusuran dan sangat sulit sekali untuk ditumbangkan apalagi oleh blog personal tanpa niche yang kontennya campur aduk.

Blog yang memiliki niche tertentu sangatlah disukai oleh mesin pencari Google, karena blog jenis ini memiliki relevansi hasil pencarian yang akurat dan nyaris semua konten mempunyai kriteria yang sangat relavan.

Tidak hanya itu saja, ada banyak sekali kelebihan lain yang akan Anda dapatkan jika blog Anda memiliki niche atau topik tertentu. Salah satunya adalah kasus periklanan, para advertiser tentunya lebih sering melirik blog-blog yang memiliki niche tertentu untuk menempatkan iklan mereka. Karena secara harfiah pengunjung blog niche rata-rata adalah pengunjung setia atau tetap.

Oleh karena itu, menentukan niche yang tepat untuk blog adalah langkah utama yang harus dilakukan jika Anda ingin menjadi blogger sukses.

Memangnya blog personal tidak bisa sukses?
Tentu saja bisa. Faktanya, ada memang blog-blog personal yang menjadi populer dan sukses, akhirnya mendapatkan penghasilan. Akan tetapi kemungkinannya sangat sedikit karena blog seperti ini cenderung lebih labil dan sulit untuk berkembang.

Namun jika Anda konsisten dalam mengelola blog, saya yakin biarpun konten blog Anda campur aduk atau gado-gado suatu hari nanti blog Anda tetap akan menjadi sukses dan populer.

Bagaimana caranya memilih niche yang bagus?
Memilih niche yang pas untuk blog bukanlah hal yang mudah. Jika Anda salah dalam memilih niche, maka proses pembuatan konten blog Anda pun jadi terasa berat. Sehingga Anda akan menjadi malas untuk mengupdate artikel.

Sebelum Anda menentukan jenis topik atau niche yang pas untuk blog, penting sekali supaya Anda mempertimbangkan berbagai aspek berikut :
  1. Pilihlah niche yang sesuai dengan hobi Anda atau hal-hal yang Anda sukai, supaya Anda tidak cepat bosan untuk membuat artikel
  2. Pilihlah niche yang paling Anda kuasai, karena pada dasarnya tugas Anda adalah mengajari atau memberi informasi kepada pengunjung
  3. Pilihlah niche yang sesuai dengan tren yang sedang atau akan naik daun, contohnya seperti niche vape (rokok elektrik), batu akik, dan lain-lain. Akan tetapi, niche-niche seperti ini biasanya hanya populer sesaat.
  4. Pilihlah niche untuk mengembangkan bisnis offline Anda, contohnya: jika Anda punya toko sepatu, membuat blog dengan niche toko online sangat memungkinkan bagi Anda.

Yang pasti Anda tidak akan memilih semua jenis niche diatas. Oleh karenanya, pilihlah salah satu niche yang paling mendominan atau yang paling Anda yakini untuk blog Anda, sehingga kekonsistenan Anda dalam ngeblog tetap stabil dan peluang Anda untuk sukses akan semakin besar.

2. Memilih platform blogging

Apa itu platform blogging?
Platform blog adalah tempat dimana Anda akan membuat blog. Platform blog sangat berpengaruh terhadap kualitas website Anda. Jika Anda salah dalam memilih platform, maka Anda akan merasa berat untuk mengoptimalkan dan mempopulerkan blog Anda, hal ini bisa jadi karena fiturnya yang kurang lengkap ataupun karena tampilan dasbornya yang berantakan, sehingga Anda akan merasa sulit dalam mengelola blog.

Platform apa yang paling bagus?
Seiring dengan majunya tekhnologi seperti sekarang ini, situs-situs penyedia platform blogging pun semakin merajalela. Namun Anda tidak perlu membingungkan diri Anda dengan platform-platform yang tidak berkualitas, karena Blogger.com dan Wordpress.org, dua platform ini wajib menjadi bahan pertimbangan Anda untuk membuat blog.

Baca juga :
Blogger atau Wordpress? Platform Mana yang Paling Bagus?

Kedua platform ini merupakan platform terpopuler dikalangan blogger. Akan tetapi jika Anda adalah seorang pemula yang ingin belajar menjadi blogger sukses, maka platform Blogger.com atau Blogspot sangat direkomendasikan untuk Anda.

Kenapa Blogspot lebih cocok untuk pemula?
Blogspot atau Blogger sangat direkomendasikan untuk pemula karena selain gratis, platform ini juga memiliki fitur yang komplit. Jadi jangan heran kenapa banyak blogger yang ngeblog pada platform milik Google ini.

Baca juga :
Pemula Sebaiknya Memilih Blogspot untuk Blogging! Ini Alasannya

3. Membuat Gmail atau akun Google

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan untuk membuat blog adalah membuat akun Google atau Gmail Anda.

Apa itu Gmail?
Gmail adalah singkatan dari Google Mail. Gmail merupakan layanan E-mail atau surat elektronik miliknya Google.

Kenapa harus menggunakan Gmail?
Blogspot dan Gmail adalah sama-sama produk Google, jika Anda ingin membuat blog di Blogspot maka Anda diwajibkan untuk memiliki akun Google atau Gmail ini.

Bagaimana caranya membuat Gmail?
Membuat Gmail atau akun Google sangatlah mudah bagi Anda yang berpengalaman atau sebelumnya pernah membuatkan Gmail. Namun berbeda dengan pemula, tentunya ini akan menjadi hal yang sulit.

Untuk membuat Gmail, ikuti saja tutorialnya pada artikel 5 Langkah Mudah Membuatkan Akun Google atau Gmail untuk Pemula.

4. Mendaftarkan blog

Jika niche dan E-mail sudah Anda persiapkan, maka langkah selanjutnya adalah mendaftarkan blog Anda.

Pertama, silahkan buka dulu https://www.blogger.com, kemudian pilih Create Your Blog.


Setelah itu, Anda akan diminta untuk login atau masuk ke akun Google menggunakan Gmail yang sudah Anda daftarkan. Masukkan E-mail dan Passwordnya, kemudian klik "Berikutnya".


Tahap selanjutnya, pilih dan buatlah salah satu jenis profil yang akan ditampilkan pada blog Anda. Supaya lebih praktis, pilih saja "Profil blogger" kemudian klik "Lanjutkan ke blogger". Anda juga dapat menggantinya dengan "Profil Google+" nantinya supaya terlihat lebih moderen.



Setelah itu, Anda akan berada pada dasbor blogger. Sampai disini berarti Anda sudah selesai mendaftar di Blogger atau Blogspot. Nahh... untuk membuat blog baru atau blog pertama Anda, silahkan klik Buat blog baru, seperti pada gambar dibawah ini!


Langkah selanjutnya adalah menentukan nama, alamat, dan template untuk blog Anda. Perhatikan gambar!


  • Nomor satu (1) : isi dengan judul blog Anda, pastikan judul blog yang akan Anda buat sesuai dengan niche yang sudah Anda pilih. Misalnya, niche blog Anda adalah memgenai "Cinta". Maka judulnya bisa Anda buat dengan Struktur cinta, Artikel cinta, dan lain-lain.

  • Nomor dua (2) : isikan dengan alamat blog Anda. Buatlah alamat dengan karakter unik dan berkaitan dengan niche blog Anda atau karakter khusus sehingga akan mudah diingat oleh pengunjung. Atau bisa juga menggunakan nama Anda. Contoh: strukturcinta.blogspot.com atau adhikara.blogspot.com

    Jika muncul tanda centang disebelah kanan Anda, berarti alamat blog tersebut masih tersedia dan bisa didaftarkan. Namun jika yang muncul adalah tanda seru, berarti alamat blog tersebut sudah didaftarkan oleh orang lain. Buatlah alamat dengan karakter lain dan coba lagi.

    Selain itu, Anda juga dapat mengganti alamat blog Anda nantinya menggunakan domain sendiri atau domain TLD pada setelan blogger. Sehingga alamat blog Anda menjadi lebih keren (blog-anda.com). Tentunya ini akan mengeluarkan sedikit biaya.

  • Nomor tiga (3) : pilih salah satu tema atau template untuk blog Anda. Templatenya juga bisa Anda sesuaikan nanti jika blognya sudah berhasil Anda buat.

Setelah semuanya sudah Anda isi dengan benar, kemudian klik saja Buat blog!.

Selamat! Anda sudah berhasil membuat sebuah blog, sekarang Anda bisa langsung menerbitkan artikel pada blog Anda.

Atau Anda bisa mengubah dulu beberapa setelan dasar pada pengaturan blog Anda, seperti judul blog, deskripsi, dan lain-lain. Caranya klik "Setelan", kemudian pilih "dasar". Perhatikan gambar!


Baca juga :
3 Cara Mudah Membuat Form Contact Us di Blogger

5. Mengenal fungsi menu-menu blogger

Ada beberapa menu atau tombol yang terdapat pada dasbor blogger dan perlu untuk Anda ketahui fungsi serta kegunaannya, perhatikan gambar!


Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai fungsi dari masing-masing menu atau tombol diatas :
  • Postingan : menampilkan semua pos yang terdapat pada blog Anda, baik itu pos yang sudah Anda terbitkan maupun pos yang masih berbentuk draft. Disini Anda bisa mengedit label postingan atau menghapus beberapa pos sekaligus dengan cepat.
  • Statistik : menu ini berfungsi untuk menampilkan informasi pengunjung pada blog Anda. Seperti jumlah penayangan hari ini, kemarin, bulan lalu, atau jumlah penayangan sepanjang waktu. Selain itu, pada menu ini juga menampilkan informasi mengenai pemirsa dan sumber lalu lintas blog Anda.
  • Komentar : pada menu ini Anda bisa menemukan semua komentar yang ada pada setiap pos di blog Anda. Baik itu komentar yang telah diterbitkan, komentar yang masih menunggu moderasi, maupun komentar yang berbentuk spam.
  • Kampanye : menu ini sangat cocok jika Anda ingin mempromosikan blog Anda menggunakan Adwords. Layanan ini tentunya tidaklah gratis.
  • Laman : menu ini berfungsi untuk mengelola halaman statis pada blog Anda. Disini Anda bisa menemukan semua laman, baik itu halaman yang sudah Anda terbitkan maupun halaman yang masih berbentuk draft.
  • Tata Letak : pada menu ini Anda bisa mengkustomisasi tampilan blog Anda dengan menambahkan atau menghapus widget (gadget) yang ada.
  • Tema : menu ini berfungsi untuk menampilkan pengaturan template blog. Anda bisa menyesuaikan tampilan blog Anda dengan mengganti template. Atau Anda juga bisa mengeditnya dan menggunakan template Anda sendiri.
  • Setelan : disini Anda bisa menemukan berbagai pengaturan atau setelan pada blog anda, seperti pengaturan dasar, E-mail, pos, komentar dan lain-lain.
  • Daftar Bacaan : pada menu ini biasanya ditampilkan postingan-postingan terbaru dari blog-blog yang Anda ikuti.
  • Bantuan : menu ini berisi tentang beberapa artikel bantuan atau panduan dasar cara menggunakan blog di Blogger.


6. Membuat postingan di blog

Postingan atau artikel merupakan inti dari sebuah blog. Sebuah blog tidak akan berguna jika tidak ada postingan didalamnya.

Disini, jika Anda sudah berhasil menerbitkan postingan, berarti saya anggap Anda sudah berhasil membuat blog.

Bagaimana caranya membuat posting atau menulis artikel di blog?
Untuk membuat posting atau menulis sebuah artikel di blog Anda, ikuti saja beberapa langkah berikut :

Pertama, buka menu "Postingan" yang ada pada dasbor blogger Anda. Kemudian klik Entri baru. Perhatikan gambar!


Jika sudah, Anda akan mendapat sebuah jendela atau halaman untuk membuatkan artikel. Seperti pada gambar dibawah!


Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai gambar diatas.

  • Nomor 1 : Isi dengan judul artikel yang ingin Anda buat.
  • Nomor 2 : Pada opsi nomor dua terdapat tiga tombol, yaitu: Publikasikan (menerbitkan posting), Simpan (menyimpan artikel sebagai draft), Pratinjau (melihat tampilan tulisan Anda sebelum memposting), Tutup (menutup jendela pembuatan artikel).
  • Nomor 3 : Disini terdapat dua jenis penulisan, yaitu: Mode Compose (penulisan dalam teks biasa) dan Mode HTML (penulisan dengan beberapa tag atau kode HTML).
  • Nomor 4 : ini merupakan formatting toolbar yang digunakan untuk pengolahan teks pada artikel anda. Seperti menggunakan huruf besar, kecil, miring, menautkan link, menyisipkan gambar, membuat blockquote (tanda petik), dan lain-lain.
  • Nomor 5 : Menu ini digunakan untuk mengatur setelan pada artikel yang akan Anda buat. Seperti Label (kategori), Tautan permanen, Lokasi, dan lain-lain.
  • Nomor 6 : Tuliskan isi dari keseluruhan artikel Anda pada kolom ini.

Jika semuanya sudah Anda buat dan artikel Anda siap untuk dibagikan kepada pengunjung blog, maka klik saja Publikasikan.

Selamat! Sekarang Anda sudah berhasil membuat blog gratis di Blogspot dan menerbitkan artikel pertama Anda.

Nahh... buat Anda yang masih merasa kebingungan mengenai cara membuat blog, jangan sungkan untuk bertanya pada kolom komentar dibawah. Jika saya mampu untuk menjawab, pastinya saya akan menjawab.

Namun jika saya tidak mampu, saya yakin ada banyak sekali blogger-blogger lain yang lebih hebat dan tentunya akan memberikan jawaban terbaik. Terimakasih

0 Response to "Panduan Lengkap Cara Membuat Blog Gratis untuk Para Pemula"

Post a Comment

Kata-kata dan bahasa Anda adalah gambaran kualitas diri Anda...