Pemula Sebaiknya Memilih Blogspot untuk Ngeblog! Ini Alasannya

Setiap orang punya tujuan yang sama dalam hidupnya yaitu menjadi sukses. Namun jalan yang harus ditempuh setiap orang itu berbeda-beda. Dan blogging bisa saja membuat Anda menjadi sukses suatu hari nanti asalkan ada niat, tekad dan kerja keras dalam diri Anda maka itu bukanlah hal yang mustahil.

Pada dasarnya, siapa saja bisa menjadi seorang blogger, bahkan hanya dalam waktu beberapa menit saja Anda sudah berhasil membuat sebuah blog dan menerbitkan beberapa artikel. Namun untuk membuat blog tersebut menjadi populer dan menghasilkan uang tidaklah cukup dalam waktu yang sesingkat itu, butuh waktu yang lumayan lama supaya blog Anda bisa menghasilkan penghasilan.

Jika memang Anda punya kegemaran atau hobi dibidang tulis menulis ataupun Anda mempunyai produk-produk yang menarik untuk Anda jual kepada pengunjung blog, maka blog bisa menjadi salah satu sarana bagi Anda untuk meraih kesuksesan.

Disamping itu, hal utama yang harus Anda pertimbangkan sebelum membuat blog adalah memilih platform blogging yang cocok dengan Anda, atau dimana Anda akan membangun blog.

Faktanya, ada banyak sekali platform blogging yang tersebar di media internet. Akan tetapi saya tidak ingin membingungkan Anda dengan platform-platform blog yang tidak berkualitas karena pada hakikatnya dua situs besar ini wajib menjadi bahan pertimbangan Anda, yaitu Blogger.com (blogspot) dan Wordpress.org.

Baca juga :
Blogger atau Wordpress? Platform Mana yang Paling Bagus?

Dua platform blog tersebut wajib masuk kedalam daftar pilihan Anda, pasalnya mereka tidak hanya memiliki status kepopuleran di kalangan kaum blogger saja, akan tetapi fitur-fitur yang mereka sediakan pun berlimpah.

Platform mana yang paling bagus?
Pertanyaan yang seharusnya Anda tanyakan bukanlah "Platform mana yang paling bagus?", melainkan "Platform mana yang lebih cocok untuk saya?". Karena secara realistis, keduanya sama-sama bagus.

Sebenarnya Anda berhak untuk memilih platform apa saja untuk membuat blog, termasuk platform selain Blogger dan Wordpress, karena itu adalah sepenuhnya hak Anda dan tidak ada yang melarang. Akan tetapi para pakar blog dan ahli SEO lebih merekomendasikan kedua platform tersebut.

Nahh.. Untuk menentukan platform mana yang pas dan cocok untuk Anda, maka kita harus mengkaji dulu tujuan utama dan pengalaman Anda ngeblog. Perhatikan tabel dibawah ini!

Menentukan Jenis Platform Blog yang Cocok dengan Anda
Status Tujuan Platform
Masih Pemula Hobi Blogger.com
Masih Pemula Bisnis Blogger.com
Berpengalaman Hobi Blogger.com / Wordpress.org
Berpengalaman Bisnis Wordpress.org

Dari tabel diatas dapat kita simpulkan bahwa:
  • Anda yang masih pemula dalam dunia blogging lebih baik menggunakan platform Blogger.com, meskipun tujuan Anda ngeblog adalah untuk bisnis,
  • Jika Anda sudah berpengalaman, artinya Anda sudah tahu bagaimana caranya mengelola blog dengan benar, maka Anda bisa memilih Blogger.com bisa juga Wordpress.org Akan tetapi jika Anda ngeblog karena bisnis atau mencari penghasilan, maka Wordpress.org lebih direkomendasikan.

Kenapa pemula lebih cocok menggunakan Blogger.com?
Seperti yang sudah saya paparkan diatas, Anda bebas bisa memilih platform mana saja karena tidak ada yang melarang dan itu adalah sepenuhnya hak Anda. Akan tetapi jika Anda masih pemula dalam dunia blogging, alangkah baiknya jika Anda memilih Blogger.com

Kenapa demikian?
Hal ini dikarenakan oleh beberapa alasan berikut:

1. Gratis

Berbeda dengan Wordpress.org, membuat blog di Blogger.com tidak dipungut biaya hosting dan domain. Artinya gratis membuat blog disini tanpa harus mengorek isi kantong Anda untuk menyewa hosting dan domain.

Seorang blogger pemula yang ingin belajar ngeblog tentu saja tidak ingin terburu-buru mengeluarkan biaya untuk membuat blog, karena pastinya ia belum tau seluk beluk serta pahitnya menjadi seorang blogger yang sukses.

Bayangkan saja, jika Anda belum sepenuhnya memahami bagaimana beratnya perjalanan seorang blogger, tapi Anda bersikeras untuk membuat blog berbasis premium di Wordpress. Maka tidak menutup kemungkinan suatu saat nanti Anda merasa jenuh dan berat rasanya menjadi seorang blogger, akhirnya blog yang sudah Anda bangun malah Anda campakkan begitu saja.

Berapa banyak modal yang sudah Anda keluarkan? Biaya hosting dan domain, belum lagi "waktu" yang sudah Anda korbankan, semuanya hangus. Anda berada dalam kerugian yang besar.

Coba bandingkan jika Anda membuat blog di Blogger.com. Jika misalnya nanti Anda merasa tidak cocok untuk menjadi seorang blogger, maka kerugian Anda tidak seberapa, hanya waktu saja yang terbuang sia-sia.

2. Lebih aman

Blogspot merupakan platform blogging milik Google, yaitu sebuah situs mesin pencari terbesar didunia. Setiap blog yang Anda buat pada platform blog ini tentunya lebih aman karena menggunakan server Google.

Sejauh ini belum ada memang kasus Google yang terkena hack atau Script Injection, karena sistem keamanan Google ini memang dijaga dengan sangat ketat.

Namun, apakah pengguna Blogspot aman?
Untuk hal ini mungkin sedikit relatif, karena meskipun blogger.com sangat aman namun pengguna dari Blogspot belum tentu aman dari serangan hacker.

Misalnya saja karena kecerobohan pengguna itu sendiri, contohnya seperti: memberikan E-mail dan pasword kepada orang lain, Masuk ke akun menggunakan halaman Fake login, Login melalui komputer umum atau perangkat yang tidak aman, dan lain-lain.

Intinya Blogger.com sangat aman dari serangan hacker, namun terkadang karena kebodohan dan kecerobohan penggunalah makanya akun blogspot miliknya bisa berada ditangan hacker.

Akan tetapi perlu untuk digaris bawahi bahwa Blogspot merupakan layanan hosted (bergantung pada Google), jadi Anda harus mematuhi semua aturan kebijakan yang dibuat oleh mereka. Jika tidak, maka siap-siap blog Anda akan dihapus secara tiba-tiba.

Memang, jika Anda membuat blog menggunakan hosting Anda sendiri (self hosted), tidak ada aturan kebijakan ini itu yang harus Anda patuhi. Akan tetapi semua sistem keamanannya menjadi tanggung jawab Anda sendiri.

3. Satu akun multi blog

Anda mempunyai bisnis peternakan blog?
Artinya jika bisnis yang Anda tekuni adalah mengelola beberapa blog dengan berbagai macam topik, maka platform ini sangat cocok untuk Anda.

Pasalnya, Anda tidak perlu untuk membuat akun Gmail yang baru. Cukup menggunakan akun yang sudah ada, Anda bisa membuat multi blog hingga 100 buah dalam satu akun.


Pada dasarnya, mengelola satu blog saja bukanlah yang mudah apalagi bagi seorang pemula. Namun apakah Anda sanggup mengelola hingga 100 blog?

Saya rasa angka 100 ini lebih dari cukup bagi Anda yang hobi membuat blog dalam jumlah banyak.

4. Mudah dikelola

Membuat blog di Blogspot sangatlah mudah dan cepat, bahkan dalam beberapa menit saja Anda sudah bisa membuat blog dan memposting beberapa artikel. Berbeda halnya jika Anda membuat blog pada platform lain seperti Wordpress.org, karena Anda harus melakukan instalasi terlebih dahulu.

Disamping itu, dalam hal pengelolaannya juga terbilang mudah, karena tidak diperlukan pengetahuan khusus seputar bahasa pemrograman seperti PHP, MySql dan lain-lain. Meskipun begitu, setidaknya Anda haruslah memahami dasar-dasarnya saja seperti Bahasa markup HTML.

Tampilan panel atau dashboard Blogger sangatlah sederhana sehingga tidak membingungkan para penggunanya dalam hal pengelolaan.


Bahkan saya sendiri ngeblog atau menulis artikel di blog ini hanya dengan menggunakan Handphone. Kecuali dalam hal pengelolaan tampilan atau template barulah saya menggunakan PC atau Laptop.

5. Tanpa iklan bawaan

Hal yang paling risih menurut saya adalah iklan bawaan, seperti yang dulu pernah saya alami ketika ngeblog di Mywapblog.com tampilan blog jadi jelek karna posisi iklan yang tidak pada porsinya, hal itu jelas membuat saya jengkel.

Namun Blogspot berbeda, mereka tidak pernah menempatkan iklan pada blog Anda, kecuali iklan yang Anda mintai sendiri untuk penghasilan Anda seperti Google Adsense.

6. Kustomisasi tampilan

Blogspot memberikan keleluasaan bagi para penggunanya untuk mengkustomisasi tampilan blog dengan template mereka sendiri, walaupun sebenarnya blogspot juga menyediakan template bawaan yang tidak kalah kerennya.

Hal inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa Blogger.com banyak peminatnya. Karena selain gratis, Anda juga bebas menggunakan dan mengedit template blog Anda.

Berbeda halnya dengan platform Wordpress.com versi gratis yang membatasi setiap pengguna untuk mengganti dan mengedit template blognya, kecuali jika Anda menggunakan Wordpress.org yang versi premium atau berbayar.

7. Custom domain

Secara default alamat blog yang kita daftarkan di blogger.com akan menjadi blog-anda.blogspot.com akan tetapi jika Anda serius dalam ngeblog, maka alamatnya bisa Anda ganti dengan domain sendiri atau domain TLD (Top Level Domain).

Dengan mengeluarkan sedikit biaya untuk menyewa domain, otomatis blog Anda akan beralamat blog-anda.com sehingga akan mudah diingat oleh pengunjung dan terlihat sedikit profesional. Seperti halnya blog ini yang semula beralamat blogsejutatips.blogspot.com sehingga menjadi sejutatips.com

Selain itu, jika nanti Anda semakin serius ngeblog, maka Anda bisa mengupgrade blogspot Anda ke Wordpress.org atau self hosted tanpa harus kehilangan pengunjung. Ini merupakan salah satu kelebihan jika Anda menggunakan domain sendiri.

8. Memonetisasi iklan

Rata-rata tujuan utama seorang blogger adalah memperoleh penghasilan melalui blog yang dikelolanya. Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk mendapatkan uang melalui blog Anda, salah satunya adalah dengan menjadi publisher Google Adsense. Jaringan iklan milik Google ini kini menjadi sumber penghasilan kebanyakan blogger.

Google Adsense merupakan jaringan iklan yang membayar tinggi dengan cara PPC (Pay Per Click). Setiap blog yang Anda buat di Blogspot tentunya diizinkan untuk memasang iklan ini, asalkan blog Anda memenuhi semua persyaratan dan ketentuan yang ditetapkan oleh mereka.

Pemasangan Google Adsense di Blogspot pun terbilang mudah karena memang sudah di sematkan pada layout dan bisa langsung Anda aplikasikan kedalam blog.


Akan tetapi jika Anda membuat blog pada Wordpress.com versi gratis, Anda tidak diizinkan untuk memasang jaringan iklan manapun di blog Anda, termasuk Google Adsense. Kecuali iklan khusus yang sediakan Wordpress (WordAds).

Baca juga :
Panduan Lengkap Cara Membuat Blog Gratis untuk Pemula

9. Siahkan Anda Tambahkan Sendiri

Sedangkan untuk poin yang terakhir ini saya serahkan kepada sobat-sobat semua agar menambahkannya sendiri pada kolom komentar di bawah, barangkali Anda punya alasan tersendiri kenapa lebih memilih Blogspot atau Blogger untuk ngeblog.

Atau mungkin juga Anda lebih merekomendasikan platform blog yang lain untuk para pemula. Jelaskan alasan Anda! Terimakasih

6 Responses to "Pemula Sebaiknya Memilih Blogspot untuk Ngeblog! Ini Alasannya"

  1. Saya setuju banget, bagi blogger pemula, ngeblog pake blogger.com aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mirwan, setelah blognya populer dan sudah ramai pengunjung, barulah kita upgrade ke Wordpress.org

      Delete
  2. dua platform yang menarik sih.. tapi aku lebih suka wordpress lebih minimais.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Katanya sih begitu sob. Pengen juga nyobain Wordpress.org tapi belum yakin, karena masih belum konsisten ngeblog... hehe

      Delete
  3. belum pernah nyobain wordpress karna aku masih pemula, pake blogger.com mmg cocok nih buat pemula, ringan juga..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Nia, Blogger.com sangat direkomendasikan untuk pemula. Tapi kalau Nia pengen serius ngeblog atau ingin mendapatkan uang, maka Wordpress.org lebih cocok karena fiturnya sangat lengkap dibandingkan Blogger.com

      Delete

Kata-kata dan bahasa Anda adalah gambaran kualitas diri Anda...